berita asik nih...

Oktober Lampung Rekrut 5.655 CPNSD
Contributed by Administrator
Tuesday, 18 September 2007
Laporan Segan P.S./Suprapto

BANDARLAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung dan 10 kabupaten/kota se-Lampung bulan depan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD). Rekrutmen CPNSD tahun anggaran 2007 ini totalnya mencapai 5.655 orang. Rinciannya, formasi tenaga honorer 5.291 orang dan pelamar umum 364 orang. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung Helmi Arsyad didampingi Karo Humas dan Infokom Pemprov Lampung Muhjadi dalam konferensi pers kemarin menjelaskan, formasi tersebut merujuk surat Menpan No. B/136.F/M.PAN/9/2007. ’’Data dari BKN, formasi CPNSD untuk Lampung totalnya 5.655,” kata Helmi.
Dijelaskan Helmi, 5.655 CPNSD tersebut didominasi formasi tenaga honorer, yaitu 5.291 orang. Karena itu, rekrutmen yang melalui pelamar umum tinggal 364 orang (formasi lengkap lihat tabel). ’’Untuk formasi pelamar umum akan diprioritaskan tenaga pelayan dasar yaitu guru, pelayanan kesehatan, dan tenaga penyuluh, baik di bidang pertanian maupun peternakan,” kata Helmi. Lebih lanjut, mantan Sekkab Lampung Barat ini merincikan pendaftaran dimulai bulan Oktober. ’’Setelah Lebaran lah pendaftarannya. Semua keperluan surat-menyurat melalui kantor pos. Nomor tes pelamar akan diantarkan via pos. Untuk pelaksanaan tes diserahkan kepada daerah masing-masing. Hasilnya, kami akan mengumumkannya secara serentak di surat kabar harian lokal, seperti pengumuman tenaga honorer 2006,” tandasnya.
Ketika disinggung mengenai kekosongan pelamar umum CPNSD 2007 di Lamteng, Helmi menolak berkomentar lebih jauh tentang tidak terdapatnya pelamar umum di kabupaten tersebut. ’’Kemungkinan Lamteng masih kelebihan pegawai. Namun, mereka lebih banyak menempatkan tenaga honorernya pada tahun ini. Terus terang, saat
ini PNS yang terdapat di pemprov dan pemkab/pemkot masih belum ideal,” urai Helmi.
Helmi mengimbau kepada CPNSD dari formasi pelamar umum agar menyiapkan syarat-syarat teknis. Mulai dari ijazah pendidikan SD, SMP, SMA, dan S1 (strata satu). Lalu, pasfoto dan transkip, serta persyaratan lainnya yang sudahditentukan.
Terkait rekrutmen jalur honorer, kata Helmi, yang menjadi prioritas adalah guru dan kesehatan. Tenaga guru dan kesehatan tahun ini merupakan kali terakhir yang diusulkan menjadi CPNSD. Khusus untuk tenaga honorer guru dan tenaga kesehatan, kata Helmi, tahun ini adalah kali terakhir. Hal ini sengaja dilakukan mengingat tenaga guru dan kesehatan sangat diperlukan dan menjadi prioritas di provinsi dan kabupaten/kota. Sayang, Helmi tidak merinci jumlah tenaga guru dan tenaga kesehatan yang akan diangkat menjadi CPNSD. Alasannya, daftar nominatif formasi tenaga honorer tahun 2007 belum diberikan oleh BKN.
Menurutnya, daftar nominatif tenaga honorer 2007 memang belum diterima. BKN masih menetapkan nomor induk pegawai (NIP) tenaga honorer 2006 yang baru diangkat menjadi CPNSD. Setelah NIP mereka keluar dan diserahkan kepada daerah masing-masing, maka daftar nominatif tenaga honorer 2007 akan diumumkan kembali. Dikatakan, dengan formasi tenaga honorer 2007 yang mencapai 5.291, maka jumlah tenaga honorer yang tersisa atau yang belum diangkat menjadi CPNSD tinggal 4.794. Sebelumnya, jumlah total tenaga honorer Lampung yang
dimasukkan ke database BKN pada tahun 2005 mencapai 20.823 orang.
Menurut Helmi, angka itu terus mengerucut dari tahun ke tahun. Pada tahun 2005, sebanyak 3.472 tenaga honorer diangkat menjadi CPNSD. Kemudian, pada tahun 2006 mencapai 7.134. BKD mencatat ada 132 tenaga honorer yang tidak melengkapi berkas. Kemudian ada yang mengundurkan diri, meninggal dunia, dan telah diterima menjadi PNS di daerah lain. ’’Berarti jumlah tenaga honorer yang belum diangkat menjadi CPNSD tinggal 4.794. Jumlah itu didominasi tenaga honorer administrasi dan tenaga teknis,” jelasnya. (*)

RADAR LAMPUNG ONLINE
http://radarlampung.co.id/web Powered by Joomla!
Generated: 19 September, 2007, 22:42

0 Response to "berita asik nih..."